Jumat, 10 Mei 2013

Ke "KEPO" an Ku Terjawab


Bismillaahirrahmaanirrahiin ..
Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh ..

yaa,, Judulnya memang tidak bermutu, tapi insyaaAllah isinya semoga dapat menjadi motivasi buat kita supaya tidak ada kesenjangan sekulerasi ilmu. aamiinn ...

Kali ini gatau kenapa ana lagi demen sama sesuatu! Sesuatu yang buat ana takut. sesuatu yang buat kalian sebagian besar takut dengan hal ini. Yap, sengaja nih ana kepo-in dulu biar bacanya gak jenuh.. hhoho..
okee, apakah sudah tertebak dalam fikiran kalian sesuatu yang ana maksud ? wetss yang jelas bukan sesuatu tentang Syahrini yaa! hhaha

yaa, sesuatu itu adalah .......
jreng.. jreng.. jreng .........
Sesuatu itu adalah hal tentang "KIMIA" aliyas KIMIA itu pelajaran yang sesuatu deh buat ana.
Jujur ana "kepo" banget sama kimia. karena ana memang lemah dengan mata pelajaran ini jadi kepo deh--"

Kenapa ana nge-post tentang hal ini? awalnya ana penasaran bagaimana hubungan anatara kimia dengan AlQuraan?
ow.. ow.. ow.. mungkin sedikit lebay, hhaha inilah diriku yang kepo..

Timbul tanda tanya (?) pada diri ana, kenapa harus ada mata pelajaran kimia? apa ada keterkaitannya dengan ayat AlQuran?
Setelah ana menganalisa tentang hubungan geografi, fisika, biologi, dengan ayat alquran, *eaa. Sesuai judul diatas ana sekarang kepo tentang hubungan kimia dengan alquraan. Sedangkan dalam kimia banyak sekali emotion-emotion lucunya (aliyas tanda unsur atom--") yang istilahnya asing.

Pada akhirnya, diwaktu yang senjang ini ana menyempatkan untuk menguak ke-kepo-an ana. Pantas saja Rasul SAW bersabda : "kalimat yang paling disukai oleh Allah ialah kalima SUBHAANAALAHI WABIHAMDIHI SUBHAANALLAHIL 'AZHIIM" kata itulah yang terlontar dari lisan ana setelah ke-kepo-an ana terjawab. Subhanallah maha suci Allah dengan segala firmanNya yang telah menata ilmu tnetang semua ini.

Ternyata ehh ternyataa..................
ada beberapa fakta nih dari Alquraan yang ada keterkaitannya dengan kimia.
Sebelumnya, kenalan dulu yuuk! sama Biografi Harun Alyahya. Beliau seorang Ilmuan Islam yang mengungkap Rahasia AlQuran tentang Ilmu Kimia.
Kimia itu berasal dari bahasa Arab loh! Yaitu dari kata kaf-ya-mim-ya-ya-hamzah = Kiimiiyaa' yang artinya Perubahan.

Next, Bahasan Kimia ternyata ada di dalah Qs: AlHadid, surat ke 57.
Fakta-1 :
"... Dan kami ciptakan basi" Dalam ayat itu Allah SWT menggunakan kata " 'anzalna" yang artinya kami turunkan. tapi di Departemen Agamanya dicetak Diciptakan. Menurut penemuan Astronomi modern, mengungkapkan bahwa besi yang berada di Bumi berasal dari buntang-bintang raksasa di luar angkasa. Sistem tata surya kita, tidak bisa memproduksi besi secara mandiri. Jika jumlah besi telah melampau batas tertentu, maka bintang itu tidak mampu lagi menanggungnya dan akhirnya meledak melalui peristiwa supernova. Akibat dari peristiwa ini, meteor-meteor yang mengandung besi bertaburan di ruang hamba hingga mengalami tarikan gravitasi bumi. Pendapat ini pernah dikemukakan oleh Neil Amstrong. Semua ini terbukti bahwa besi tidak terbentuk di bumi tapi, turun dari langit. Sesuai ayat Allah yang menggunakan kata " 'anzalna-l hadiid" = maksudnya, Kami turunkan besi.

Fakta-2
Dalam AlQuraan Allah menamai salah satu suratnya, dengan salah satu nama unsur atom (logam) yaitu Al-Hadid yang artinya besi (Fe).

Fakta-3
Kata guru ana, besi punya 8 isotop. Nah, Qs. Alhadid adalah surat ke 57. Jika Fe57 adalah 4 isotop yang stabil.

Fakta-4
Tentang hitungan ini, ana memang masih bingung--" tapi terbukti Fe2+ dan Fe3+ ini menghasilkan energi ionisasisebesar 2957 kj mol pangkat -1. 29 adalah jumlah seluruh ayat Qa. Alhadid, 57 adalah nomor urut surat Alhadid. Allaahu Akbar!

Fakta-5
Besi itu memiliki 8 isotop kembar, yaitu 52Fe, 54Fe, 55Fe, 56Fe, 57Fe, 58Fe, 59Fe, 60Fe. Jika seluruh massanya dijumlah, maka 52+53+54+55+56+57+58+59+60 = 451. Kata besi ada pada QS. Alhadid;25, jumlah kata dalam Qs. Alhadid dari ayat 1-25 adalah 451. Subhaanallah..

Fakta-6
Jumlah seluruh kata dalam surat alhadid = 574. 57 adalah nomor surat alhadid, 4 adalah jumlah isotop besi stabil.

Alhamdulillah, akhirnya terjawab semua ke ke-po-an ana. hhoho

Nahh.. dari sinilah yang buat ana termotivasi dengan kajian AlQuran. So, jika kamu suka mengkaji ilmu agama dan Alquraan, maka senangilah mengkaji ilmu umumnya. karena semuanya bersumber dari Alquraan.

hmm... pesan saya, hati-hati dengan kesenjangan sekulerasi ilmu yaa...

Wallaahu a'laam..
Syukron jazilah readers :D

Wassalaamu'alaikum wr wb.

referensi: blog islami.

1 komentar:

  1. subhanallah keterkaitan kimia dg al qur'an itu ternyata nyambung juga ya kak :D . bagus bgt ini blog nya..

    BalasHapus