Rabu, 03 Juli 2013

Coming Soon Ramadhan !

Biismillaahirrahmaanirrahiim.
Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabaraakaatuh.

Allaahumma baariklanaa fii rajaab, wa sya'baan, wa ballighnaa Ramadhaan.
Aamiin, aamiin, aamiin.......
Semoga Allah menyampaikan kita semua di bulan suci Ramadha, bulan dimanakita berlomba-lomba membenahi diri, meraih kemenangan, mengharap ridho Ilaahi.

Ahlan wasahlan yaa Ramadhaan.
Welcom to Ramadhaan..

Ya. Tinggal hitungan hari Ramadhan datang menghampiri.
Adakah dari kita yang telah mempersiapkan diri?

Sedikit ana mau berbagi tentang makna dari Ramadhan. Ramadhan yang setiap tahun kita jalani, sangatlah penting dimaknai dari sprefektif nama-nama lain yang dinisbatkan kepadanya. Para ulama melabelkan sejumlah nama pada bulan Ramadhan. Diantaranya :

Pertama, Syahrl Qur'an (Bulan Al Qur'an). Karena pada bulan ini bulan pertama diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Kedua, Syahrl Shiyaam (Bulan Puasa Wajib). karena hanya pada bulan ramadhan yang diwajibkan puasa selama 1 bulan penuh. ini juga dejelaskan dalam Qs. Albaqoroh: 185.

Ketiga, Syahrl Tilaawah (bulan membaca Alquran). karena pada bulan ini Jibril As menemui nabi untuk tadarus Al Qur'an bersama dari awal hingga akhir.

Yang ke empat, Syahrl Arrahmah (Bulan penuh limpahan Rahmat dari Allah SWT ). karena Allah menurunkan aneka rahmat-Nya, membukakan pintu pintu kebaikan yang mengantarkan kepada syurga.

ke lima, Syahrl Annajat (Bulan pembebasan dari siksa neraka). Allah mengampuni dosa dosa hambanya dan membebaskan mereka dari api neraka bagi meeka yang ikhlas menjalankan puasa karena iman, semata mata mengharap Ridho-Nya.

 ke enam, Syahrl Al'id (bulan yang berakhir dengan hari raya). Ramadha disambut dengan kebahagiaan dan berakhir juga dengan kenahagiaan. yaitu, Hari raya idul fithri.

ke tujuh, Syahrl Al judd (Bulan kedermawanan). karana pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk banyak bersedekah agar dapat meringankan beban fakir miskin.

ke delapan, Syahrl Ash shobr ( bulan penuh kesabaran) di bulan ini, kita diajarkan untuk bersabar dalam segala hal. terutama dalam menahan hawa nafsu kita. Remember1 Asshobru Adhhiyaa-u ( sabar adalah cahaya yang terang benderang).

ke sembilan, Syahrl Allah (bulannya Allah SWT). karena pada bulan ini Allah melipat gandakn pahala bagi hambanya yang senantiasa menjalankan ibadah dengan ikhlas dan berbuat kebaikan.

Jadi, Ramadhan adalah bulan yang sarat maknany bermuara pada kemenangan. ya, kemenangan umat muslim melawan nafsunya.Ramadhan juga sebagai bukan jihad untuk kita dengan menunjukkan prestasi kinerja, kesholehan individual, serta sosial. So, Dony be Lazy yaaa! :D

Syukron Jazilan, Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wa baraakaatuh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar